Skip to content

Takut Berbelanja Online? Simak 5 Tips Aman ini!

Hari ini siapa yang tidak familiar mendengar istilah belanja online? Ya istilah ini telah akrab ditelinga kita semua sejak beberapa tahun belakangan. Belanja online diartikan sebagai aktivitas membelanjakan uang atau jual-beli secara virtual, artinya tidak secara langsung terjadi pertemuan antara penjual dan pembelinya. Transaksi terjadi melalui jaringan internet dan uang dikirim melalui sistem transfer. Lalu aman tidak sih belanja online itu? Di bawah ini ada 5 tips aman berbelanja online di internet, namun sebelum itu, lebih baik kita memahami pro kontranya terlebih dulu ya.

Belanja Online Di Internet Rawan Penipuan?

Terlepas dari segi praktisnya belanja online melalui internet, disisi lain kita sering mendengar keluh kesah dan protes para konsumen online tentang penipuan. Dengan sistem transaksi yang tidak langsung, kita tidak bisa melihat kondisi barang yang kita beli. Nah disinilah ulah nakal penjual barang dan jasa online dilakukan.

Tidak sedikit konsumen yang protes dengan barang yang dibeli tidak sesuai pesanan atau katalog gambar, barang tidak dikirim atau malah konsumen terjerat aksi penipuan yang merugikan finansial. Sepertinya gambaran diatas membuat kita menjadi takut untuk berbelanja online, namun tidak perlu demikian, selalu ada celah untuk mencari aman dalam membeli barang secara online melalui internet.

Jangan Takut Belanja Online!

Masih was-was berbelanja online? Saatnya berhenti sekarang. Di bawah in merupakan 5 tips aman berbelanja online di internet bagi kita semua yang masih ragu dan takut. Jangan sia-siakan kesempatan membeli barang yang kita inginkan hanya karena ulah oknum penipu. Nah, sekarang mari kita simak tips di bawah ini.

  1. Teliti Situs Web Belanja Online

Yang pertama adalah melakukan riset atau meneliti. Jadilah seorang konsumen yang teliti dan bijak. Mencari tahu situs web belanja online perlu dilakukan untuk menghindari penipuan. Hal ini terutama berlaku jika kita ingin berbelanja di situs web yang tidak terlalu populer atau familiar.

Bagaimana caranya melakukan riset yang praktis namun efisien? Setelah mengetahui nama web, langsung saja search melalui mesin pencari otomatis Yahoo atau Google. Jika web tersebut meyakinkan, tentunya review konsumen situs tersebut baik, jika menemukan lebih dari 50% ulasan buruk, segera batalkan untuk berbelanja di situs tersebut.

  1. Cermati Kebijakan Situs Web

Setelah meneliti kualitas situs belanja, hal berikutnya yang dilakukan adalah mencermati kebijakan yang diberlakukan di situs belanja tersebut. Hal ini untuk mewaspadai kemungkinan pengelola memberlakukan kewajiban yang memperbolehkan data pribadi kita diberikan ke pihak lain tanpa izin.

Apabila terjadi kesalahan pengiriman, pastikan situs tersebut memungkinkan kita untuk mengembalikan barang kepada pengelola dan memastikan mereka mengembalikan uang jika barang tidak sesuai atau cacat produk. Cermati juga tentang garansi yang diberikan.

  1. Barang Murah Tidak Selalu Bagus

Ini merupakan salah satu dari 5 tips aman berbelanja online di internet yang perlu digaris bawahi. Barang murah memang selalu menggoda, tapi jangan langsung tertipu bujuk rayu barang murah apalagi jika penawaran murah ini dikirim ke e-mail kita atau pop-up window saat kita mengakses internet. Terutama jika ada ketentuan meminta password dan Id e-mail kita, sudah tentu ini adalah e-mail spam.

Cara aman menghindari spam ini adalah mengakses situs belanja online yang terpercaya. Banyak situs belanja yang terpercaya yang juga menawarkan barang murah atau diskon besar. Dengan mengakses situs yang benar, kita akan terhindar dari penipuan.

Selain itu, perlu diingat untuk memeriksa keseluruhan harga ya. Jangan sampai tertipu hanya karena harga yang ditawarkan murah, padahal ternyata itu belum mencakup ongkos packing dan pengiriman barang. Perlu dibandingkan juga tentang harga ongkos kirim ini antara satu situs belanja dengan yang lainnya sehingga kita tidak rugi nantinya.

  1. Pertimbangkan Sistem Transaksi dan Pembayaran

Dalam bertransaksi secara online, cara pembayaran yang lazim tentunya dengan menggunakan kartu kredit. Alasan ini dikarenakan kita akan memiliki bukti bahwa apakah kita sudah melakukan transaksi jika barang sesuai atau tidak sesuai dengan yang dipesan. Pencurian nomor kartu kredit kini makin marak, namun kita bisa mempertimbangkan sistem semacam PayPal, COD, atau Transfer Kirim sebagai alternatif aman bertransaksi online.

Sistem transaksi yang aman memungkinkan kita untuk mendapat salinan kuitansi digital dalam bentuk email. Karena itu, jangan lupa menyimpan semua dokumen digital berisi deskripsi produk dan kuitansi pembayaran.

  1. Amankan PC dari Kejahatan Virtual

Dalam mengakses situs belanja, kita terbiasa menggunakan perangkat komputer. Di saat bersamaan, hal ini membuat kita semakin rentan terhadap tindak kejahatan virtual lho. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, sebaiknya perangkat komputer alias PC kita harus memiliki anti virus. Ini baru pencegahan minimal, akan lebih baik jika memiliki fitur anti spyware ditambah dengan firewall. Jangan lupa juga untuk selalu memperbaharui software anti virus agar komputer selalu terlindung dari malware.

Setelah selesai bertransaksi, jangan lupa matikan PC ya. Jika kita terus membiarkan komputer dalam keadaan menyala, sangat mungkin tangan nakal para penjahat virtual mencoba mengambil alih komputer kita dengan menanam malware sehingga mereka bebas bertransaksi dengan menggunakan rekening kita.

Demikian ulasan lengkap tentang 5 tips berbelanja online di internet. Bagaimana? Masih takut berbelanja online di internet? Pastinya tidak dong! Karena tips diatas memberikan informasi bagaimana dan apa yang seharusnya dilakukan sebelum kita terjerumus ke dalam penipuan oknum tidak bertanggung jawab. Berbelanja online memang seharusnya memudahkan kita dalam bertransaksi sehari-hari, karena itulah tidak seharusnya kita menjadi dirugikan. Semoga tips diatas membantu dalam berbelanja dengan aman.

error: Content is protected !!